Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Jadi Pengusaha Itu Tidak Mudah, Ini Cara Yang Saya Lakukan Untuk Bertahan dari Darmanto Seo‎

Anda baru ingin jadi pengusaha atau Anda saat ini adalah orang yang GAGAL JADI PENGUSAHA?

Yuk coba baca cara saya ini, barangkali ada manfaat yang bisa diambil.

Yang baru ingin jadi pengusaha, teruslah jaga semangat untuk segera menjadi pengusaha. Yang sudah pernah jadi pengusaha tapi masih gagal, yuk jangan menyerah, coba lagi untuk mulai jadi pengusaha lagi.

Jadi pengusaha memang tidak mudah. Ketika dulu 2013 saya sudah mulai dapat penghasilan sampingan dari usaha online hampir 1 tahun, dengan percaya diri saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan utama saya sebagai tukang sablon. Ya, di tahun 2013 tersebut saya memutuskan pulang kampung untuk merintis usaha sendiri.

Waktu itu saya sangat percaya diri bakal mudah jadi pengusaha karena dari usaha sampingan tersebut, rata-rata per minggu bisa dapat Rp. 500rb-800rb. Sedangkan kerjaan saya di Sablon kaos, saya mendapatkan penghasilan Rp. 1jt-1,2jt/minggu jika kerjaan sablon sedang rame.

Pikir saya, jika saya resign dan focus usaha sendiri, kelak saya bisa dapat hasil lebih besar lagi, namun ternyata pikiran saya salah. Saya salah besar, ternyata usaha itu tidak gampang.

Minggu pertama mulai usaha sendiri, tak satupun ada pendapatan dari online. Bayangkan ketika biasanya setiap minggu dapat penghasilan, tiba-tiba zero penghasilan?
Minggu kedua, masih sama saja, hasilnya masih nol, tak ada satupun produk yang saya jual via online laku dan jasa yang saya tawarkan viaa online juga laku.

Sampailah minggu ketiga yang mana waktu itu saya sudah mulai khawatir karena belum dapat penghasilan sama sekali, tiba-tiba ada orang dari Pulau Tidung yang telpon dan minta dibuatkan web tour and travel.

Singkat cerita saya buatkan web tersebut dan di minggu ketiga itulah saya baru dapatkan penghasilan hingga sekarang.

SELAMA 3 MINGGU PERTAMA TIDAK ADA PENGHASILAN KAMU NGAPAIN AJA DAR?

Minggu pertama, kedua hingga ketiga selama belum ada pemasukan, saya lakukan 3 hal ini:

1.Belajar meningkatkan Skill Desain Web

Selama minggu pertama dan kedua, sebenarnya ada yang nanya produk tapi ngga jadi beli. Ada yang nanya mau buat web tapi gagal karena saya ngga bisa melayani permintaan mereka. Awalnya saya hanya melayani desain web dengan platform blogspot saja.

Ternyata banyak orang yang minta dibuatkan web toko online, web berita, web tour and travel dengan cms wordpress tapi saya belum bisa. Akhirnya saya datangin Mas Eko, beliau orang Purbalingga. 1 Hari saya belajar mengenal cpanel web, cara install web menggunakan cms wordpress, cara ganti template, dll. Dan di minggu ketiga akhirnya saya bisa melayani pesanan web karena bisa membuat sesuai keinginan pemesan web.

2. Belajar Teknik Ngiklan Baik Yang Gratis Maupun Yang Berbayar

Untuk meningkatkan penjualan, selama masih sepi, saya belajar cara-cara ngiklan. Jika Anda saat ini mau jadi pengusaha, belajar ngiklan saat ini banyak sekali teknik yang bisa di pilih baik cara yang gratis maupun yang berbayar.

Di Pasukan Alona saja banyak member yang diajarkaan teknik ngiklan gratis sudah bisa mendapatkaan pembeli. Apalagi kalau Anda mau melakukan semua teknik ngiklan yang diajarkan di Alona. InsyaAllah hasilnya bisa lebih maksimal.

3.Belajar Follow Up Konsumen Dengan Benar

Awal usaha, sering bingung untuk follow up konsumen. Saya jualan produk maupun jasa kadang sering juga di isengin konsumen. Disaat itulah saya mulai belajar di internet memanfaatkan banyak waktu luang yang tersedia untuk tahu bagaimana berkomunikasi, bagaimana mengetahui kebutuhan konsumen dan memberikan solusi untuk mereka yang berujung ke penjualan.

4. Belajar Membangun Personal Branding

Yang paling menyakitkan diawal usaha, apalagi usaha yang dijalankan via online adalah “Di TUDUH MAU MENIPU”. Saya pernah mengalami dituduh mau menipu ketika ada orang mau beli produk saya. Bahkan sampai sekarang saja, kadang masih saja ada orang yang menuduh seperti itu. Kadang ada yang bertanya, “Mas ini produknya pasti dikirim ya kalau saya sudah transfer, ngga nipukan mas?”. Ada juga yang berkata “Mas ini jasa terpercaya ngga, jangan-jangan nanti setelah saya bayar mas menghilang dan ngga bisa di kontak?”.

Dari tuduhan-tuduhan, dari banyaknya kecurigaan akhirnya belajar lagi via internet untuk membangun personal branding. Belajar mengetahui hal-hal apa yang perlu ada pada seseorang agar orang bisa percaya. Belajar bagaimana supaya orang mudah percaya ke saya sekalipun tidak ketemu.

BELAJAR BERTAHAN JADI PENGUSAHA

Hampir 5 tahun sampai saat ini saya menjalankan usaha online dari Kampung ternyata tidak mudah. Agar omset terus meningkat dan usaha tersus berjalan, setelah saya pelajari ternyata untuk bertahan jadi pengusaha saya juga melakukan 2 hal dibawah ini:

1. Belajar Diversifikasi Usaha

Ketika usaha sudah jalan ada hal yang paling diinginkan saya yaitu bagaimana supaya omset usaha meningkat. Ketika awal usaha saya hanya jualan produk herbal dan jasa desain blog/web hasilnya omset usaha paling dianggka puluhan juta/bulan. Saya akhirnya buka jasa iklan google, jasa seo, jasa maintenance web dan saat ini saya kembangkan juga jasa sablon kaos.

Dari diversifikasi usaha tersebut Alhamdulillah omset usaha terus meningkat.

2. Belajar Membangun Tim

Tidak mudah kerja sendirian. Agar usaha bertahan, saya juga belajar membangun tim. Saya minta bantuan orang untuk membantu kerjaan saya agar tugas saya berkurang. Jika saat ini usaha Anda sudah mulai berjalan, silahkan mulai meng-hire pegawai. Jangan takut membayar pegawai, yakinlah dengan mempekerjakan pegawai, Anda banyak memberi manfaat ke orang tersebut dan Andapun akan mendapatkan banyak manfaat dari pegawai tersebut.

Nah teman-teman, itu saja #catatandarmanto yang bisa saya bagikan.

Share ke teman-teman Anda ya…

NB: Saya kadang berbagi tulisan juga di channel telegram saya yang bisa Anda ikuti di https://t.me/darmantoseo
 
Top