Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Tips sederhana dalam memulai bisnis atau usaha spesial dari Deni Iskandar

Ada beberapa prinsip umum yg bisa menjadi pertimbangan:

1. Menentukan mau bisnis apa?
2. Bagaimana memulainya?
3. Bagaimana agar untung?
4. Sikap mental?

Mari kita bahas satu persatu:

1. MENENTUKAN MAU BISNIS APA?

Jika anda sudah mantap ingin berbisnis, kendala yg sering dihadapai oleh pemula adalah pada ide bisnis. Ide bisnis bisa kita dapatkan dengan cara :

A. Membaca buku, Blog atau Majalah: Bill Gates dan Paul Allen. Mendapatkan ide bisnisnya dari membaca majalah popular electronic. Bill Gates mengakui, ide-ide bisnisnya, sampai sekarang mayoritas didapatkan dari sumber bacaan teks.

B. Networking: Banyak ide bisnis bisa didapatkan dari luasnya jejaring, Banyak kisah nyata yg menjelaskan begitu hebatnya pengaruh Networking bagi bisnis.

C. Jalan-jalan: Ide bisnis Starbuck dan kebab rafi adalah salah satu contohnya.

Dari ide-ide yg terkumpul, anda sudah bisa memetakannya dan menganalisanya.

2. BAGAIMANA MEMULAINYA?

Saat memulai bisnis, terkadang dalam hitungan tertulis, Modal dan Kemampuan kita tidak layak untuk memulainya. Duit Tipis, Jaringan tidak ada. Saat anda sudah beketetapan bahwa bisnis ini akan prospek, anda harus meneruskannya. Keberanian adalah yg membedakan antara orang yg sukses dengan orang yg gagal.

secara sederhana, untuk memulai usaha kita bisa memetakannya dalam:

A. Membuat produk sendiri
B. Menjual produk orang
C. Menjadi Broker

3. BAGAIMANA AGAR UNTUNG

A. Pahami bisnis: pelajarilah peluang dan resiko usaha yg akan dijalankan. Teruslah belajar.

B. Masuk kebisnis yg tepat: tidak semua bisnis akan menjadi besar dan mempunyai masa depan cerah. Kita harus jeli dalam memilih bisnis. Apakah bisnis itu akan terus tumbuh? Apakah bisnis itu akan mempunyai pasar yg makin membesar?

C. Bekerjasama dengan yg terbaik: kesuksesan Astra adalah karena perusahaan tersebut berkerjasama dengan perusahaan mitra yg terbaik (Honda, Toyota, DLL), karyawan terbaik, management terbaik.

D. Evaluasi: disiplinlah melakukan evaluasi mingguan atau bulanan, sehingga akan kelihatan apakah bisnis berjalan dengan baik atau tidak. Segera lakukan pembenahan dengan tepat dan benar.

4. SIKAP MENTAL

A. Efektif: Efektiflah dalam menggunakan waktu, uang dan sumber daya manusia. Catatlah pengeluaran dan pemasukan. Jangan pernah menggunakan uang perusahaan untuk pribadi. Gajilah diri anda dan bedakan antara uang pribadi dan uang perusahaan. Jangan terlalu banyak karyawan sehingga baban pengeluaran membengkak, Efektiflah dalam segala hal.

B. Berevolusi: teruslah bersikap yg terbaik terus belajar, kreatif, inovatif yg pada akhirnya menuju kepada kesuksesan.

C. Sabar: jangan harap menjadi penguasaha besar jika tidak sabar. Sabar dalam proses bisnis berarti terus berproses dalam masa-masa sulit. Tidak ada kesuksesan yg diraih dalam waktu semalam. Jika anda ingin melihat pelangi, anda harus menunggu hujan turun. Seperti itulah gambaran orang yg ingin menjadi pengusaha besar. Harus sabar. Serahkan hasilnya kepada Allah.

-----

Gimana menurut Anda ataukan Anda mempunyai tips tersendiri?

Semoga bermanfaat ya :D

Salam
Deni Iskandar

P.S. Silahkan share jika sekiranya bermanfaat :D

P.P.S. Jangan lupa join channel telegram saya kalau ingin belajar digital marketing, join disini https://t.me/denimarketer
 
Top