Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Rahasia atau Tips Jualan Tanpa Ditolak oleh Muri Handayani



Berkali-kali harus elus dada ketika jelasin bahwa "tidak ada produk yang bisa ditawarkan ke semua orang". Masih ada aja yang ngeyel, padahal udah dibahas di Kelas Utama SBO. Eh materinya kaga dibaca 😅

Cari bakso dulu biar ngilangin emosi 🤣

Mak, kita ini sering kan ya ditolak calon konsumen (kita? saya kali wakakakaaaa....). Penolakan ada berbagai jurus. Alasan belum butuh, gak perlu, tidak suka, kemahalan, gak selera, gak enak, sudah punya, tidak diijinin suami, menghilang tanpa jejak 😆 dll.

+ Ada gak sih orang jualan gak ditolak?
- Ada loh.
+ Ah masa?
- Juallah produk yang tepat, kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat.
+ (Berpikir keras 🤔)
- Masalahnya, kita ini nawarin produk bukan pada orang yang tepat, tidak di saat yang tepat dan caranya juga tidak tepat.
+ (Makin kusut pikirannya 😂 Gak mudeng)

Kalo menurut saya, dari sudut pandang Emak Rempong yang suka jualan online dan ogah rugi, kita gak boleh mubazir dalam hal dana, waktu dan tenaga untuk proses penjualan. Saya lebih baik jualan ke 10 orang yang tepat, dibanding ke 100 orang yang belum tentu tepat.

Jadi gini Mak, kita harus memilih dulu siapakah orang yang akan kita incer untuk ditawarin dagangan kita. Cara memilihnya adalah dengan menentukan TARGET MARKET. Langkah sederhananya gunakan kata kunci MAU + MAMPU. Ya, calon konsumen harus MAU terhadap produk kita dan MAMPU untuk membeli produk kita.

Ingat, gunakan kata DAN ya Mak, bukan ATAU. Karena orang yang MAU tetapi gak MAMPU bayar, ya dia bukan calon konsumen kita. Begitu juga sebaliknya, orang yang MAMPU bayar tapi gak MAU produk kita, dia gak akan beli.

Misalnya, anak kecil pasti suka eskrim kan ya, tapi anak yang sekolah di SD negri di pelosok, kita tawarin untuk beli Es Krim Magnum. Dia sih pasti MAU Es Krim Magnum, tapi belum tentu MAMPU bayarnya kan? Maka tidak akan terjadi penjualan.

Contoh ke 2, misalnya saya jualan tas seharga 100 ribu, tas kekinian, best seller. Syahrini MAMPU donk beli tas 100 ribu, tapi masalahnya Princess Syahrini itu GAK MAU tas 100 ribu-an. Dia mah maunya tas yang ratusan juta bahkan milyaran kan Mak. Maka pada kasus ini juga tidak ada penjualan.

Oleh karena itu, jika Mak ingin mudah jualannya, kenalin dulu siapakah jodoh konsumenmu? Hadirkanlah produk yang dibutuhkan, diinginkan dan disukai konsumen, serta dia mampu untuk membayarnya. Tawarkan pada waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat.

- Gender
- Usia
- Domisili
- Tingkat Ekonomi
- Tingkat Pendidikan
- Kegiatan
- Status pernikahan
- Jumlah Anak
- Usia Anak
- Agama
- Yang diminati
- Selera
- dll
(Sesuaikan dengan bisnis Mak masing-masing.)

Semakin spesifik kita mengenal calon konsumen (Target Market) semakin mudah kita jualannya. Gak percaya? Iya lah.. percaya itu hanya kepada Allah ^_^ Jangan percaya celotehan saya, cobain aja sendiri, bisa terbukti ampuh atau ampuh banget 😁

BTW.. Kalo Mak punya grup WA dan mau dicelotehin saya (sesi motivasi tanpa diskusi) boleh daftar GRATIS ke WA 0877-3498-3012. Plis sabar antri ya, chatnya banyak banget :D Yang gak sabar, gak usah chat aja hihihiiii...

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
"Gaptek Hilang, Rejeki Datang"
 
Top