Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Kegiatan rutin pagi kami, walau nginap di hotel, tapi ada laptop, printer dan buku yang menemani 😄

Pagi ini saya ingin bahas salah satu tantangan terbesar para pebisnis yaitu mengembangkan marketingnya, hingga pasar dan konsumen bisa menerima produknya dengan baik.

Percayalah siapa yang tidak merencanakan marketing dengan baik dan tidak melakukan riset pasar tentang apa yang menjadi kebutuhan konsumen, hanya akan sia sia.

Saya bicara dalam kontek bisnis ya. Karena bisnis adalah salah satu bentuk ikhtiar kita. Hasilnya ya serahkan pada Allah Swt. Tapi kita sebagai hambaNya harus tetap ikhtiar maksimal. Bukankah Allah tidak akan mengubah nasib seseorang sebelum dia mengubah nasibnya sendiri.

Bicara tentang marketing maka kita sepakat ya bahwa marketing itu adalah ujung tombak keberhasilan bisnis. Produk yang bagus seperti apapun tidak akan diterima oleh konsumen jika marketing yang kita gunakan tidak tepat.

Salah satu strategi marketing yang bisa kita gunakan adalah membangun strategi digital marketing. Karena dunia sekarang ada di genggaman manusia.

Banyak yang hobi menghabiskan waktunya berjam jam untuk mencari sesuatu di sebuah layar sebesar 5 inchi. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur mereka tidak terlepas dari smartphone nya.

Ya dunia sudah berubah. Demikian dengan strategi marketing untuk bisnis kita.

Kita harus paham bahwa marketing bukan hanya sebatas pemasaran saja. Marketing memang fokus untuk memasarkan produk sebanyak banyaknya. Tapi marketing tidak hanya itu.

Kesalahan banyak orang memahami marketing hanya sebatas promosi saja. Hingga ketika mereka jualan mereka akan cenderung melakukan promosi secara hard selling.

Maka yang terjadi adalah kelelahan. Sering promosi tiada henti, tapi jarang closing. Pusing rasanya sudah berlelah lelah mempromosikan produk secara online tapi tidak mendapatkan perhatian konsumen.

Tidak ada closing. Maka tidak ada produk yang terjual. Akhirnya semangat usaha naik turun. Pundak makin lelah, otak tak bisa berfikir kreatif lagi karena tidak menemukan solusi.

Jadi pelajaran apa yang bisa kita ambil?

Marketing adalah kunci kesuksesan bisnis. Tidak ada bisnis yg mulus tanpa marketing yg smart dan kreatif.

Kita harus tau bahwa tidak semua pengunjung yg datang ke web kita adalah pembeli. Makanya kita wajib tahu siapa saja segmentasi market yang paling cocok untuk membeli produk kita.

Beberapa dari kita terjebak pada konsep bahwa memasang iklan yang penting murah. Padahal kalau budget iklan murah tapi ternyata tidak ada penjualan yg signifikan, sebenarnya buat apa?

Nah apa yang salah?

Sebenarnya saya mau nulis panjang kali lebar. Tapi sayangnya jam sudah menunjukkan pukul 7 pagi. Saya harus siap siap untuk workshop lagi. Kapan kapan saya lanjutkan tentang apa yang salah dengan strategi marketing kita.

Dunia sudah berubah. Strategi marketing anda harus mengikuti perkembangan jaman.

Berubahlah atau anda kalah.

Tri Widayanti
Founder Komunitas Emakpreneur Indonesia
Owner Fabil Group
 
Top