Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

13 Tips Aman dan Ampuh Mencegah Agar Terhindar dari Penipuan Lewat Online Shop dengan Jual Beli secara Online Melalui Internet


Solusi Aman Sebelum Transfer untuk Menghindari Penipuan Online. Tips Aman untuk Menghindari Penipuan Online SEBELUM TRANSFER. Memang perlu waktu untuk cek lebih detail tentang profil dari penjual online tersebut.

Di bawah ini ada 13 tips supaya Anda terhindar dari penipuan online. Karena kadang-kadang kesalahan ada di pembeli, karena tergiur dengan harga murah, kemudian penawaran dari penjual online sehingga tidak di cek di internet.

1. Cek Nomor WA atau HP di google (wajib) Anda lakukan. Misalnya teman2x pengen belajar bareng tentang jualan online dan supaya laris secara GRATIS maka bisa simpan nomor WA saya : 082226009834 (WA only) dan bisa Anda cek di google.

2. Cek Nama di FB atau Nama di KTP orang tersebut di Google (internet). Kalau saya, teman2x bisa cek nama saya di internet. Misalnya Andis Wiyanto atau Profil Andis Wiyanto. Ketik saja di internet nanti akan muncul berbagai informasi yang ada di internet.

3. Minta identitas atau KTP asli yang di foto sesuai dengan namanya. Karena biasanya penipu menggunakan KTP (identitas) orang lain yg ada di internet.

4. Cek harga normal di internet tentang produk itu. Misalnya ketik di internet "harga tas merk ini".

5. Kalau bisa, sebelum transfer, cek dulu nomor rekening perusahaan atau berbadan hukum seperti CV atau PT.  Pelajari dulu lebih detail tentang orang tersebut dan profil perusahaannya di internet melalui google atau media sosial atau marketplace. Kalau transfer ke rekening orang perlu cek profil orang tersebut di internet.

6. Cek testimoninya di marketplace atau toko online miliknya atau websitenya.

7. Ajaklah diskusi dulu atau tanya tanya, bagaimana responnya. Ramah atau jutek.

8. Tanyakan legalitas (misalnya dari CV atau PT), website yang dimilikinya. Jika belum punya, maka tanyakan toko di marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dll.

9. Jika reseller atau affiliate, minta bukti bahwa orang tersebut reseller resmi, jika perlu Minta Foto Barang Asli.

10. Selalu Utamakan COD (Cash on Delivery) jika dekat lokasinya

11. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga (misalnya menggunakan marketplace seperti tokopedia, bukalapak, lazada, shopee dll) untuk cek bahwa penjual benar-benar penjual online atau bukan.

12. Sebaiknya Anda segera meminta Nomor Resi Pengiriman kepada penjual untuk produk yang telah Anda beli.

13. Minta saran atau pertimbangan dari rekan Anda.

Semoga bermanfaat

Salam Sukses untuk Anda

M. Andis Wiyanto
(Trainer dan Pelaku Bisnis Online)
Owner CV Imo Business
 
Top