Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

BAROKAH O'CHICKEN KALTIM

Perjalanan ke Balikpapan dalam beberapa hari terakhir ini bukan tanpa agenda. Tepatnya hari Sabtu, 18 Agustus 2018, setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, akhirnya Kak Nirwana Tawil berhasil mengakuisisi Hak Master Franchise O'Chicken untuk Kalimantan Timur.

Terima Kasih terhatur untuk principal brand O'Chicken Kak Redia Frisna Rista yang telah mempercayakan pengelolaan Mitra O'Chicken Kalimantan Timur kepada Kak Anna.

*****

Ada beberapa pelajaran yang dapat diambil dari peluncuran O'Chicken ini.

1. Business Value memang mentenagai.

Mengakuisisi Master O'Chicken untuk sebuah area propinsi itu tidak mudah. Seorang Nirwana harus bolak balik menjelaskan visi pertumbuhan bisnis O'Chicken langsung didepan Kak Redia.

Dalam pengamatan Saya mendampingi berbagai sesi lobi, terlihat sekali resonansi semangat untuk menghadirkan ayam halal, ayam sehat, dan layanan ritel fastfood yang berpihak pada kebaikan konsumen.

Sebagai principal Brand O'Chicken, Kak Redia tidak sendiri. Bersama suami beliau yang biasa kami panggil Mas Luqman, O'Chicken ditopang oleh Rumah Potong Ayam (RPA) Organik yang profesional, dan komunitas peternak yang tekun mengikuti standard penggemukan.

Sebagai alumni Gontor dan Al Azhar-Mesir, Mas Luqman memeliki visi menghadirkan Ayam yang dipotong secara halal dan penggemukan yang thoyyib. Hal itu adalah nilai luhur yang dipegang oleh keduanya.

Inilah yang menjadi motor semangat seorang Nirwana dalam mengakuisisi O'Chicken. Semangat menghadirkan makanan halal dan baik untuk market Kalitim.

Terhitung hampir 1 tahun lebih proses pemancangan bisnis O'Chicken Kaltim. Tanpa kenal menyerah dan lelah, alhamdulillah, atas bahan bakar nilai bisnis yang kuat, akhirnya niatan ini terealisasi.

**

2. Ketekunan harus dibayar kontan.

Dalam keterbatasan, satu demi satu progress bisnis diselesaikan oleh Kak Nirwana. Saya harus buka rahasia bahwa hampir semua pekerjaan interior dikerjakan dengan sumber daya sendiri dan hasilnya sangat memuaskan. Ketersediaan man power yang handal memang gak bisa ditawar-tawar.

Hari-hari kemarin yang Saya amati adalah hari-hari menemukan bahan baku terbaik, desain terbaik, para pekerja interior terbaik, dan berbagai temuan pendekatan kreatif yang perlu imajinasi tingkat tinggi. Semua memang dibayar dengan kurang tidur, tekanan operasional dan kecepatan eksekusi. Salut.

Secara pribadi, Saya kembali belajar tentang kengototan, determinasi dan daya tahan atas impian.

**

3. Kolaborasi itu niscaya.

Kerja membangun jejaring diaspora ke luar negeri bukan tanpa hasil. Besarnya investasi Master O'Chcicken Kalimatan Timur adalah kolaborasi kerjasama beberapa kolega dari beberapa negara di luar negeri.

Banyak yang pada awalnya menganggap jalan-jalan ke luar negeri tanpa wisata adalah kesia-siaan saja. Wajar prasangka ini terjadi, karena perjalanan SSN ke luar negeri selalu jauh dari tempat wisata, lebih dekat ke forum-forum silaturahmi diaspora.

Alhamdulillah, silaturahmi ini membawa hasil positif. Beberapa sahabat dari luar negeri pun hadir mengunjungi outlet. Terima kasih atas kepercayaannya dan berbagai supportnya.

**

4. Investasi sebagai pemicu sektor riil.

Yang mengharukan dari proses hadirnya bisnis ini adalah... adanya gerakan besar pada sektor riil di Kota Balikpapan.

Tanpa kami sadari, nampaknya bisnis ini akan merekrut belasan karyawan yang bekerja 2 shift dari pagi hingga tengah malam. Baru saja kami efektif beroperasi sepanjang 3 hari, beberapa sahabat sudah meminta hak francchise untuk membuka di beberapa titik di Kaltim.

Ada ruko diam yang tergunakan...
Ada SDM pekerja yang terserap...
Ada bahan interior yang terbeli...
Ada traffic gerakan jual beli yang meningkatkan PDB negeri...

Bahkan lantai 2 Ruko yang tidak terpakai bergerak menjadi Rumah Cantik untuk layanan kesehatan kecantikan muslimah. Diluar dugaan. Termanfaatkan secara utuh.

Dari sini Saya belajar, bahwa membuka bisnis adalah sejatinya aktivitas pemberdayaan.

**

5. Pertolongan Allah itu nyata.

Kak Nirwana termasuk salah seorang yang secara sadar "berbaiat" pada Gerakan Serikat. Menyerahkan seluruh dedikasi tenaga dan fikiran untuk membangun Serikat Saudagar Nusantara (SSN). Tawaran kembali menjadi profesional oil and gas di Qatar pun ditolak baik-baik. Jalan perjuangan pemberdayaan ekonomi negeri menjadi pilihan.

Teringat pesan guru kami Kiyai Luqman, beliau berpesan, "uruslah agama Allah, nanti Allah urus dan selesaikan masalah antum", itulah yang kemudian Kak Anna pegang. Saya yang mengamati perjalanan lahirnya bisnis ini selalu menyadari berkali-kali, bahwa tanpa pertolongan Allah, semuanya sulit untuk akan terjadi. Semua memang karena kasih sayang Allah saja. Alhamdulillah.

*****

Terima kasih sahabat yang telah mendukung O'Chicken Kalimantan Timur. Kami memiliki visi kuat untuk membangun ratusan outlet di Kalimantan Timur, dengan pola manajemen terpadu dan tersistem dengan baik.

Perjuangan belum berakhir, perjuangan baru saja dimulai. Semoga Allah memberikan hidayah bagi kita semua. Dan menjadikan segenap bisnis kita sebagai jalan perjuangan menuju Indonesia yang kuat dan sejahtera.

Sekali lagi selamat dan berkah kepada Kak Nirwana sebagai pemilik dan pengelola Master O'Chicken Kalimantan Timur.

Rendy Saputra
........ O'Chicken Kaltim (sebutan menyusul)
 
Top