Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Marketing Insight :

produk dikatakan bagus apabila bisa seperti berikut ini :

P = Packaging menarik
R = Rasanya bisa diterima
O = Ongkos dan harganya cocok
D = Distribusinya luas merata
U = Utamakan pelayanan
K = Konsumen puas

Packaging harus menarik
Karena ini adalah pintu masuk pertama bagi calon konsumen untuk memutuskan mau mencoba atau tidak. Ibarat kita bertemu dengan seorang wanita. Paras dan body menjadi acuan utama pertama kali kita mau mendekat atau menjauh. So, buatlah packaging dan tampilan yang menarik untuk produk anda.

Rasanya bisa diterima
Bukan hanya bermodal tampilan saja namun isinya, rasanya dan kualitasnya harus juga enak dan nikmat. Setelah calon konsumen melihat tampilannya oke biasanya mereka akan mendekat dan mencoba. Disinilah letak mereka memutuskan untuk jatuh cinta atau tidak. Kalau diibaratkan wanita maka kalau kita melihat wanita cantik sudah pasti kita akan tertarik untuk mendekat dan kenalan. Setelah dkenal barulah kita melakukan pendekatan untuk mengetahui apakah orangnya baik atau tidak. Kalau ternyata orangnya sombong ya sudah pasti kita tidak akan mau mendekatinya lagi walaupun secara fisik sudah sempurna. Sama halnya dengan produk. Jika setelah dicoba ternyata rasa dan kualitasnya enak maka kita akan memutuskan untuk jatuh cinta. Sebaliknya jika ternyata setelah dicoba rasa dan kualitasnya jelek maka kita akan menjauhinya.

Ongkos dan harganya cocok.
Hal lain yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk / jasa adalah harga dan biayanya. Jika tampilannya oke, rasa dan kualitasnya oke dan harganya murah jelas konsumen langsung akan membayar saat itu juga. Namun jika harga dan biayanya mahal maka konsumen mungkin akan mempertimbangkannya lagi. Kita ilustrasikan lagi ke saat kita bertemu dengan wanita. Udah cantik, baik hati, ramah dan ternyata gak matre alias sederhana. Makin mabuk kepayang kita.

Distribusinya luas merata.
Udah cantik, body nya sexy, ramah dan sederhana plus gampang ditemuin. Semakin menggila cinta kita. Nah, produk juga selain bagus dan murah juga harus bisa didapatkan dimana – mana. Percuma juga kalau produknya bagus, murah tapi susah nyarinya. Pasti konsumen akan menyerah dan berpindah ke produk yang lain yang mudah diakses.

Utamakan Pelayanan
Cantik, seksi, ramah, sederhana, gampang ditemuin dan service nya plus plus memuaskan banget. Waduh makin demam kita. Dalam penjualan produk / jasa, service lah yang membuat kita jadi memiliki pembeda dan nilai tambah dari yang lainnya. Servislah yang bisa mengikat konsumen sampai dia loyal dan menjadi ravimg fans.

Konsumen Puas
Jika konsumen puas maka akan terjadi refferal dengan sendirinya dan akan menjadi word of mouth yang sangat dahsyat.

Setelah produk jadi selanjutnya anda tinggal menciptakan “Brand.” Brand itu bagaikan nama yang berfungsi membedakan antara produk yang satu dengan yang lainnya. Berikut syarat membuat brand :

B = Baik maknanya
R = Representasi dari produk
A = Asyik kalau diucapkan
N = Nyaman didengarkan
D = Diingat – ingat gampang

Baik maknanya
Nama haruslah mengandung arti yang baik karena bisa menjadi doa. Buatlah makna atau nilai filosofi yang positif untuk brand anda.

Representasi dari produk
Brand anda harus bisa merepresentasikan produk / jasa yang anda jual yang orang akan langsung paham apa produk yang anda jual saat pertama kali melihat, mendengar dan mengucapkannya.

Asyik kalau diucapkan
Carilah kata yang enak dan mudah saat diucapkan yang tidak belibet dan ribet. Perbanyak gunakan huruf vokal.

Nyaman kalau didengarkan
Bukan hanya enak diucapkan melainkan juga buatlah brand yang nyaman di telinga pendengar. Gunakan bahasa – bahasa yang mudah untuk diingat dan bisa mengasosiasikan terhadap suatu konteks.

Diingat – ingat gampang
Buatlah brand yang singkat dan tidak terlalu panjang agar mudah diingat.

Selamat mempraktekkan...

Enjoy Your Business !
Coach Tegar Prajaksa (CTP)
 
Top