Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Penjelasan tentang 9P untuk Bisnis Apapun sehingga Berkembang Pesat untuk Jangka Panjang dari CTP Coach Tegar Prajaksa



9P untuk memaksimalkan bisnis anda.

1. Produk
Fix kan produk apa yang akan anda jual. Jangan berubah - ubah dan tidak konsisten. Pilih dengan baik industri apa yg akan anda geluti kemudian fokus sampai menemukan core competence.

2. Price
Tentukan berapa harga jualnya ? Di level manakah anda akan bermain ? Low, middle atau high quality ? Siapa yang akan menikmati produk anda ? Bagaimana pricing system yg akan anda tentukan ? Cost based pricing, Value based pricing, market based pricing, competitor based pricing atau currency based pricing ? Jangan sampai anda melayani segmen market berbeda low, middle, high dengan 1 brand karena anda akan membingungkan market anda.

3. Place
Saat anda sudah menentukan produk dan price maka sekarang pikirkan dimana tempat yg cocok memasarkan produk anda yang dengan harga segitu ? Dimana tempat berkumpulnya orang2 yang menikmati produk anda ?

4. Promotion
Langkah selanjutnya adalah membuat strategi promosi yang tepat di tempat yang tepat. Apa strategi promosi yg akan anda gunakan untuk membuat mereka tau, mau, mau lagi dan mempromosikan kembali ?

5. Process
Ingat status saya beberapa hari yg lalu bahwa Ada 3 jenis proses yaitu
1. Routine delivery yang menjamin kepuasan pembeli
2. Handling complaint yang menjaga komplain agar kembali puas
3. New product development and commercialization atau proses yang mampu menangkap peluang pasar.
Sudahkah anda menyusun business process management di perusahaan anda ? Bagaimana alurnya from start to end ?

6. People
Untuk menjalankan business process tentu anda tidak bisa seorang diri. Anda butuh team yg anda tempatkan untuk menjalankan proses2 teraebut. Divisi apa saja yg dibutuhkan dalam business process anda ? Sudahkah anda menyusun struktur organisasinya ?

7. Productivity
Tentu saja orang2 di dalam organisasi anda harus produktif dan menghasilkan dampak bagi perusahaan anda. Bagaimana anda membangun sistem productivity team anda ? Siapkan Job desc nya dengan matang, kemudian buat SOP nya agar bisa dijalankan dengan standarisasi yang sesuai dengan harapan anda. Susun juga key performance indicator untuk memantau, menilai dan mengevaluasi kinerja mereka.
Selain itu anda juga perlu menyiapkan sistem pelatihan secara berkala.

8. Physical Evidence
Untuk memaksimalkan kinerja dan produktifitas maka dibutuhkan perangkat, piranti atau peralatan - peralatan yang menunjang. Siapkan peralatan tempur yang mumpuni. Physical evidence adalah suatu elemen yang mendukung perusahaan dalam bentuk fasilitas yang berhubungan secara langsung dengan konsumen, seperti gedung dengan interior yang rapi dan nyaman, kendaraan yang bagus dan  pegawai yang berpakaian rapi, mesin - mesin yang canggih, komputer yang cepat, dll.

Rata2 pengusaha berlomba - lomba untuk memaksimalkan 8P diatas namun sayang sekali mereka melupakan P yang terakhir yang merupakan penentu utama keberhasilan sebuah bisnis yakni

9. Pertolongan Allah
Allah lah yang mengijinkan dan meridhoi segala sesuatu untuk terjadi. Tidak ada yg kebetulan bahkan sebutir debu yang bergeserpun merupakan kehendak dan kuasaNya. Percuma kita memaksimalkan 8P diatas namun kita lengah dengan ibadah kita. Pastikan apapun yang kita lakukan harus bertujuan dan diniatkan untuk mengabdikan diri kita padaNya. Untuk tetap mematuhi perintahNya dan menjauhi laranganNya.
Ridho dan Berkah Allah adalah yang paling utama. Maka pastikan kita berbisnis dan berdagang sesuai dengan syariat.

Enjoy your business !
- CTP -

Coach Tegar Prajaksa
 
Top