Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

RESONANSI NARASI

Belum lama Saya menulis tentang studi mengenai ekosistem peternak susu sapi di Selandia Baru. Ekosistem yang terbangun dengan platform Koperasi Fonterra, dimana koalisi 10.500 peternak sapi KOMPAK untuk membuat industri pengolahan.

Ternyata beberapa hari terakhir pemerintah merubah peraturan kementerian terkait dengan kemitraan peternak susu sapi. Yang awalnya MEWAJIBKAN industri mengambil susu lokal dari peternak, kini tidak lagi wajib.

Jika tidak wajib, jadi bisa saja industri pengolahan sapi yang membutuhkan bahan baku susu sapi... mengambil dry powder milk dari negara lain.

Alasannya sederhana, ternyata Amerika Serikat sedang mengancam, kalo gak diturutin... ekspor Indonesia pada komoditas lain akan ditekan. Gamblang.. alasan ini bahkam dikutip detik dot com, keluar dari lisan pemerintah. Wow.

Ini bukan status politik... tapi status pemahaman ekonomi aja...

Hari ini asosiasi peternak Sapi sedang teriak keras, harga susu sapi lokal bisa jatuh. Sekarang 5.300 rupiah per liter... itu aja nutupin cost sudah berat... apalagi gak ada regulasi yang mewajibkan industri pengolahan beli ke peternak.. makin turun demandnya.. makin turun harganya.

Maka solusinya sederhana... para peternak HARUS BERANI bikin industri pengolahan sendiri. Sudah saatnya peternak susu sapi perah MENG KONSOLIDASI kan diri dalam jumlah puluhan ribu, untuk sama-sama membangun industri pengolahan susu.

Ini bukan impian utopi.... ini solusi... amu sampai kapan menggantungkan hidup ke industri pengolahan swasta yang selalu punya natural membeli susu di harga termurah.

Sudah saatnya membudayakan patungan..
Membudayakan mengkonsolidasi kekuatan...
Membudayakan kebersamaan...
Mengolah sendiri hasil ternak.. hasil perahan...

Semoga Allah menolong negeri ini...
Dan Allah menolong pemerintah dari ancaman negara lain...

Anak Bangsa,
Rendy Saputra

Tulisan tentang Fonterra Selandia Baru --> https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2209601262657446&id=100008227817040
 
Top