Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

SURAT TERBUKA
Untuk Calon Legislatif se Tanah Air

Kepada yang terhormat,
Bapak Ibu Calon Legislatif yang kami hormati.

Surat terbuka ini kami tujukan kepada seluruh calon legislatif dari 16 partai politik yang sedang berkompetisi menuju kursi parlemen. Surat ini adalah sebuah aspirasi dan ajakan dari Serikat Saudagar Nusantara (SSN) yang sangat memberi perhatian pada pertumbuhan kesejahteraan anak bangsa.

Bapak Ibu yang kami hormati, walau Daftar Caleg Tetap (DCT) belum terbit, namun dari Daftar Caleg Sementara (DCS), kami meyakini bahwa kepastian untuk bertarung di pileg 2019 sudah mendekati kepastian. Maka dari itu kami memberanikan diri untuk menyampaikan pesan ini kepada Bapak Ibu yang telah masuk DCS.

LOGO LEGISLATIF BERDAYA

Bapak Ibu yang terhormat, SSN sebagai organisasi perkumpulan pengusaha UMKM-Besar, memposisikan diri sebagai motor pertumbuhan kesejahteraan negeri. Kami berfokus pada peningkatan besaran ekonomi yang tercatat sebagai PDB dan kami juga berjuang meratakan sebaran kekayaan negeri dengan paramater gini-ratio.

Dalam kerja menumbuhkan besaran dan sebaran ekonomi tersebut, kami melakukan belasan program yang terselenggara di ranah bawah. Kami melakukan program edukasi, kunjungan bisnis, sarasehan, business matching, pandataan potensi, konferensi penyelarasan hingga membangun organ kepengurusan di setiap daerah.

Dalam keberjalanan program tersebut, kami akhirnya menyadari bahwa kerja menumbuhkan kesejahteraan tidak bisa dilakukan oleh sektor swasta saja. Hasil riset kami di lapangan, kami menemukan bahwa para pelaku usaha juga membutuhkan EKOSISTEM yang mendukung pertumbuhan.

Ekosistem yang kami maksud adalah lingkungan ekonomi yang memiliki daya beli, kepengurusan ijin yang memudahkan gerak pelaku usaha, regulasi yang tidak rumit, keberpihakan pada pengusaha nasional, hingga habitat bisnis yang mudah untuk bersinergi.

Kesemua karakter ekosistem tersebut tentulah tidak dapat dibentuk oleh pihak swasta seorang, namun juga memerlukan peran pemerintah selaku pelayan masyarakat. Pada akhirnya kami membutuhkan peran pemerintah untuk bersama-bersama membangun ekonomi nasional.

Dari kebutuhan dukungan pemerintah inilah, kami menyadari betapa pentingnya peran legislatif yang ada. Sebagaimana legislatif yang bertugas melakukan artikulasi kepentingan, di titik inilah kami menitipkan kepentingan pengusaha UMKM yang kemudian kami harapkan diagregasi pada tataran kebijakan, untuk seterusnya dieksekusi oleh jajaran eksekutif yang kembali akan diawasi oleh legislatif.

Kesimpulan besarnya adalah : pada jalur legislatiflah kami dapat menyampaikan aspirasi, ide dan gagasan secara formal kepada lembaga negara. Dan di titik inilah SSN berniat menitipkan ide dan gagasan kuatnya untuk pertumbuhan negeri.

Pertanyaannya, ke partai manakah SSN akan menitipkan suara?

Kondisi multi-partai yang berlaku hari ini akan menghasilkan komposisi legislatif yang relatif tersebar dan merata. Kami meyakini tidak ada partai yang dapat mendominasi 50% kursi legislatif di level DPR RI, DPRD propinsi bahkan di DPRD Kota/Kabupaten. Maka dari itu, kami tidak akan memilih 1 partai khusus dimana kami akan menitipkan gagasan.

Selain itu, pada April 2019 nanti, setiap pemilih akan mendapatkan 5 lembar kertas suara. Kertas suara DPRD kota/kabupaten, kertas suara DPRD Propinsi, kertas suara DPR RI, kertas suara DPD dan kertas suara Pilpres. Kami memaknai, pada akhirnya pemilih memilih "SOSOK" pada pilihan caleg yang ada. Bisa saja seorang pemilih memilih 3 partai yang berbeda untuk 3 tingkatan DPR.

Dari dua pondasi berfikir diatas, SSN lebih memilih untuk menitipkan ide dan gagasannya pada SOSOK ataupersonal aleg. Karena pada akhirnya, secara personal para aleg akan bekerja meramu ratusan regulasi pada setiap komisi yang ada. Penting bagi SSN untuk MENDUKUNG sosok yang mengerti masalah, mampu melakukan komunikasi politik yang baik dan memiliki kecenderungan untuk mendukung pengusaha UMKM.

Ada 575 kursi DPR RI (80 dapil), ada 2.207 kursi DPRD Propinsi (272 dapil) dan ada 17.610 kursi DPRD Kota/Kabupaten (2.206 dapil). Jika ada 16 partai politik, berarti terdapat kurang lebih 323ribu slot caleg.

Dari berbagai paparan pemikiran tersebut, SSN berinisiatif untuk membangun Forum Legislatif Berdaya (FLB). Sebuah forum legislatif yang memudahkan visi pemberdayaan ekonomi tersampaikan dan terealisasi dengan baik.

*****

Tujuan dibangunnya FLB antara lain adalah :

1. Menjaring calon legislatif yang memiliki kekuatan visi pada pertumbuhan kesejahteraan dan ekonomi nasional.

Kami mengajak para caleg dari seluruh parpol yang ada, sesiapapun yang berkenan menjadi mitra SSN dalam visi pemberdayaan ekonomi negeri, untuk kemudian bersama-sama hadir pada Forum Legislatif Berdaya (FLB).

Sebagai inisiator, FLB terbuka pada parpol manapun, caleg manapun, mulai dari DPR RI - Propinsi - Kota/Kabpupaten.

Bagi kami, kesediaan Bapak Ibu untuk membersamai FLB adalah sebuah apresiasi tersendiri bagi niatan pertumbuhan kesejahteraan bangsa.

***

2. Menjadi wahana upgrading bagi caleg bervisi berdaya, untuk dapat memenangkan kursi pada dapil yang ada.

Melihat jadwal kampanye yang ada, seorang caleg akan menempuh 6 bulan lebih masa kampanye. Maka FLB berniat berperan, membantu para caleg untuk membangun proyek sosial pada 6 bulan masa kampanye tersebut.

Jika ada 323 ribu caleg yang turun ke masyarakat pada masa tersebut, harusnya hadir 323 ribu narasi, 323 ribu proyek sosial, 323 ribu gagasan dan ide untuk pembangunan negeri.

FLB berniat menjadi wahana edukasi sekunder bagi para legislatif, dimana tentunya edukasi politik primer dilakukan oleh parpol masing-masing. Kami akan melakukan pembekalan pemenangan pada para caleg, membantu menyuplai ide dan gagasan untuk kampanye dan pengembangan soft skill tokoh politik.

Semuanya kami tujukan agar caleg FLB memiliki kemungkinan MENANG yang lebih besar.

***

3. Menghadirkan platform komunikasi lintas parpol, yang diharapkan menjadi perekat dan pengerat para politisi negeri yang memiliki visi yang serupa.

SSN meyakini, makin cepat kekuatan politik negeri ini terkonsolidasi, makin cepat pembangunan akan terlaksana. Sebaliknya, makin banyak fractur retakan antar kekuatan politik, maka pembangunan negeri akan terhambat banyak kepentingan.

Di titik inilah, FLB meniatkan diri menjadi enzim percepatan penyelarasan para tokoh politik negeri. FLB menyadari banyaknya tokoh politik millenial yang bergabung ke FLB, disinilah titik startegisnya, para tokoh politik masa depan yang bergabung di FLB akan terbiasa melakukan komunikasi lintas kekuatan politik.

Fungsi pijak ruang komunikasi ini akan mempercepat kedewasaan politik negeri, mempererat kekuatan kebersamaan para tokoh politik dan tentunya akan memudahkan proses pembangunan. Semua ini akan menguatkan kekokohan nasional. SSN meyakini hal tersebut.

*****

Demikian surat terbuka ini kami sampaikan kepada seluruh Caleg di seluruh Indonesia.

Bagi para caleg yang tertarik untuk bergabung di FLB, silakan ketik format berikut via WA :

"Join FLB - Nama - Caleg Dapil - Parpol - nomor urut - DPR RI/Propinsi/Kota Kabupaten - email aktif"

Kirim ke WA 081 254 254 69 | GRATIS

*****

Pada ahad 26 Agustus ini, para penggagas FLB yang terdiri dari Ketua umum SSN dan perwakilan 16 parpol yang ada akan mengadakan pertemuan di Jakarta. Pertemuan tertutup ini akan menjadi pijakan pertemuan terbuka jilid 1 pada bulan September. Temu jilid 1 FLB akan menargetkan 1.600 caleg berkumpul lintas parpol.

Dan pada bulan Desember, FLB akan melakukan pertemuan 10.000 caleg dalam satu waktu pertemuan. Bagi sahabat caleg yang ingin membersamai gerakan pemberdayaan ekonomi ini, kami sangat terbuka dan berharap kita dapat duduk bersama membangun gagasan untuk negeri.

Jauh dari isu pencapresan, jauh dari isu kepentingan jangka pendek, FLB meniatkan diri bekerja memberikan pengaruh pada skala kontribusi aleg di setiap komisi DPR yang ada. Kami meyakini, jika makin banyak anggota legislatif yang memiliki kompetensi MEMBELA eknomi nasional, makin cepat lahirnya ekosistem yang mendukung pertumbuhan ekonomi negeri.

Ijinkan kami, Serikat Saudagar Nusantara (SSN) untuk menjadi mitra positif para caleg. Kami bukan parpol, kami gerakan sosial ekonomi arus bawah, namun kami memiliki niat baik untuk menitipkan berbagai gagasan terbaik kepada para caleg terbaik negeri ini.

Semoga suara hati kami tersampaikan ke para caleg. Semoga berkenan bergabung. Semoga berkenan membersamai agenda pemberdayaan negeri.

Rendy Saputra
Ketua umum Serikat Saudagar Nusantara (SSN)
Kordinator Forum Legislatif Berdaya (FLB)

Silakan share-copaste-sebar. Atau mention/forward ke caleg yang Anda kenal. Terima kasih sebelumnya.
 
Top